Monday, 24 February 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS VII KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     : SMP Yadika Jambi
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester          : VII/Satu
Materi Pokok              : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Alokasi Waktu           : 1 x pertemuan (4 x 40 menit)


A.      Kompetensi Inti:
KI 1      : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

1.3.1 Mengucapkan rasa syukur atas keberadaan ling-kungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat yang har-monis
2
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya

2.3.1 Menunjukkan perilaku peduli saat melkuka kegiatan pengamatan video/gambar lingkungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat
2.3.2 Menunjukkan perilaku santun pada saat melakukan diskusi hasil kegaitan pengamatan video /gambar lingkungan alamperdesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis.
3
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

3.4.1 Mendeskripsikan pengertian interaksi manusia dan lingkungan
3.4.2 Menganalisis perbedaan antara lingkungan alam dan sosial
3.4.3 Menjelaskan kerterkaitan antarkomponen lingkungan
4
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
4.3.1 Melaporkan hasil analisis dan diskusi tentang iteraksi manusia dengan lingkungan kegiatan presentasi di depan kelas dalam bentuk deskripsi sederhana, gambar, atau dalam bentuk powerpoint

C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.        Mengucapkan rasa syukur melalui doa bersama dengan sungguh-sungguh.
2.      Menunjukkan perilaku peduli saat melakukan kegaitan pengamatan video/gambar lingkungan alam pedesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis.
3.       Menunjukkan perilaku santun pada saat melakukan diskusi hasil kegiatan pengamatan video/gambar lingkungan alam pedesaa yang subur dan masyarakat yang harmonis.
4.      Mendeskripsikan pengertian interaksi manusia dan lingkungan dengan kalimat sendiri.
5.      Menganalisis secara cermat perbedaan antara lingkunga alam dan sosial
6.      Menjelaskan keteraitan antara komponen leingkungan secara tepat.

Pertemuan 2:
1.        Melaporkan hasil analisis dan diskusi tentang interaksi manusia dengan lingkungan melalui kegiatan presentasi di depan kelas dalam bentuk deskripsi sederhana, gambar, atau dalam bentuk powerpoint dengan tepat.
2.      Membuat kesimpulan tentang interaksi manusia dan lingkungan dengan tepat.

D.     Materi Pembelajaran
1.        Hakikat interaksi manusia dan lingkungannya.
a.      Pengertian lingkungan
b.      Perdebaan antara lingkungan alam dan sosial
c.       Interaksi manusia dengan lingkungannya
2.      Keterkaitan antarkomponen lingkungan.
a.      Komponen lingkungan
b.      Keterkaitan antar komponen lingkungan.

E.       Metode Pembelajaran
1.        Metode Ilmiah
2.      Pembelajaran Kooperatif

F.       Sumber Belajar
Buku
1.        Iwan Setiawan, Suciati, Ahmad Muslihh, dan Dedi. 2013. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud RI, hal 174-176)
2.      Internet
3.       Lingkungan alam dan sosial sekitar sekolah.

G.      Media Pembelajaran
1.       Media
·         Powerpoint tentang lingkungan
·         Lembar kerja peserta didik (panduan video/gambar lingkungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat yag harmonis)
·         Video/gambar tentang lingkungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis.

2.      Alat dan Bahan
a.      Laptop
b.      Infocus

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1:
1.       Pendahuluan (10 menit)
a.      Peserta didik bersama guru menyampaikan salam dan berdoa.
b.      Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
c.       Guru menanyakan materi pertemuan yang lalu.
d.      Guru memberikan motivasi: menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam di sekitar sekolah.
e.      Guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.

2.      Inti (60 menit)
a.     Mengamati:
·         Peserta didik mengamati video/gambar tentang: lingungan alam perdesaan yang subur dan masyarakat yang harmonis untuk membangkitkan rasa ingin tahu.

b.     Menanya
Peserta didik diberi kesempatan untuk merumuskan dan mengajukan pertanyaan dibawah bimbingan guru. Pertanyaan diarahkan pada hal-hal yang substansif seperti contoh dibawah ini:
·         Mengapa masyarakat pedesaan melakukan kegiatan gotong royong?
·         Apa manfaat yang diperoleh masyarakat dalam melakukan kegiatan gotong royong?
·         Mengapa lingkungan pedesaan tampak subur?

c.      Mengumpulkan data/informasi:
Mengumpulkan data berdasarkan hasil identifikasi tentang:
·         Ciri-ciri lingkungan alam dan sosial.
·         Bentuk interaksi manusia dan lingkungan.
·         Keterkaitan antar komponen lingkungan.
d.     Mengasosiasi:
Menganalisis data yag telah dikumpulkan tentang:
·         Pengertian interaksi manusia dan lingkungan.
·         Keterkaitan antar komponen lingkungan.
·         Ciri-ciri lingkungan alam dan sosial.
·         Bentuk interaksi manusia dan lingkungan.
·         Keterkaitan antar komponen lingkungan.

Menyimpulkan hasil analisis keterkaitan antar komponen lingkungan:
·         Alasan masyarakat pedesaan melakukan kegiatan gotong royong.
·         Penyeb lingkungan pedesaan subur.
·         Penyebab kegiatan pertanian terjadi di pedesaan.
·         Ciri-ciri lingkungan alam dan lingkungan buatan.
·         Batasan dari interaksi manusia dan lingkungan.
·         Perbedaan antara lingkungan alam dan lingkungan sosial.
·         Keterkaitan antara lingkungan biotik, abiotik, dan sosial dalam masyarakat.

3.      Penutup (10 menit)
a.      Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran.
b.      Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
c.       Peserta didik diberi tugas untuk menyempurnakan laporan hasil pengamatan untuk dipresentasikan di pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2:
1.       Pendahuluan (10 menit)
·         Pembukaan: salam dan doa pembuka
·         Peserta didik dan guru mengkondisikan kelas.
·         Apersepsi: peserta didik mendengarkan pertanyaan guru tentang materi pertemuan yang lalu.
·         Peserta didik mendengarkan motivasi dari guru: menunjukkan beberapa contoh lingkungan alam disekitar sekolah.
·         Peserta didik mendengarkan topik dan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.     Mengkomunikasikan
·         Mempresentasikan hasil analisis pengertian interaksi manusia dan lingkungan serta keterkaitan antara komponen di depan kelas.
·         Melaporkan kesimpulan hasil presentasi dalam bentuk tulisan kepada guru.

3.      Kegiatan Penutup (10 menit)
·         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran.
·         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
·         Peserta didik dan guru membuat kesimpulan.
·         Peserta didik mendapatkan tugas untuk mempelajari materi berikutnya.

I.         Penilaian
1.       Sikap Spiritual
a.      Teknik                       : Observasi
b.      Bentuk instrument  : Lembar Observasi
c.       Kisi-kisi                    :
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Mensyukuri
1

Instrumen                 : lihat lampiran

2.      Sikap Sosial
a.      Teknik                       : Observasi
b.      Bentuk instrument  : Lembar Observasi
c.       Kisi-kisi                    :
No
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1
Santun
1
2
Peduli
1

Instrumen                 : lihat lampiran

3.      Pengetahuan
a.      Teknik                       : Tes tertulis
b.      Bentuk instrument  : uraian
c.       Kisi-kisi                    :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Mendeskripsikan penertian interaksi manusia dan lingkungan
1
2
Menganalisis perbedaan antara lingkungan alam dan sosial
2
3
Menjelaskan keterkaitan antarkomponen lingkungan
3 – 10

Instrumen                 : lihat lampiran

4.      Keterampilan
a.      Kisi-kisi                    :
No
Keterampilan
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
1
Mengobservasi
Produk
Rubrik
1
2
Diskusi
Observasi
Lembar Observasi
2
3
Presentasi
Observasi
Lembar Observasi
3

Instrumen                 : lihat lampiran

   Mengetahui,                                                                               Jambi,        Juli 2013
Kepala SMP Yadika                                                                      Guru Mata Pelajaran IPS



Friston R. Sinaga, S.Pd                                                                 Mister Candera, S.Pd
NIP. _______________                                                                  NIP. ______________

No comments: