ABSTRAK
Candera, Mister. 2012. Penyebab Kesulitan Siswa
dalam Menganalisis Transaksi Akuntansi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar
Akuntansi (studi pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian di SMA Nusantara Kota
Jambi). Pembimbing I Dr. Farida Kohar, M.P. dan Pembimbing II Dra. Hj. May
Maemunah, M.E.
Kata Kunci:
Kesulitan Siswa dalam Menganalisis Transaksi Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi
Tujuan
belajar adalah untuk mengetahui apa yang belum diketahui sebelumnya oleh seseorang
yang akan belajar tersebut. Namun terkadang tujuan tersebut tidak dapat
tercapai akibat adanya hambatan-hambatan yang terjadi pada saat melaksanakan
kegiatan belajar. Dan hambatan-hambatan tersebut salah satunya adalah kesulitan
siswa dalam belajar. Kesulitan tersebut dapat berasal dari dalam dan dari luar
diri siswa. Dari dalam diri siswa dapat berupa faktor psikologis dan faktor
fisiologis. Sementara itu, kesulitan yang berasal dari luar diri siswa dapat
berupa faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan
masyarakat. Dari berbagai macam kesulitan tersebut perlu diketahui faktor
penyebab kesulitan yang paling dominan mempengaruhi kegiatan belajar siswa.
Khususnya pada saat belajar akuntansi.
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan
menyebabkan kesulitan siswa dalam menganalisis transaksi akuntansi serta untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesulitan siswa dalam menganalisis
transaksi akuntansi dengan hasil belajar akuntansi. Sehingga, dengan demikian hasil
penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam mencoba mengatasi kesulitan siswa
tersebut.
Subjek
dalam penelitian ini yaitu semua siswa/I kelas XII IS SMA Nusantara Kota Jambi
yang berjumlah 70 siswa. Dalam proses pengambilan data, dilakukan penyebaran angket
yang berjumlah 30 item pertanyaan dengan indikator yang relevan dengan apa yang
menjadi tujuan penelitian ini. Kemudian setelah itu, angket yang terkumpul
ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan rumus persentase serta dengan
kategori yang telah ditentukan. Dan untuk mengetahui hubungannya dengan hasil
belajar, angket dianalisis dengan meng-gunakan aplikasi komputer SPSS 16.0.
Dari
hasil penelitian diperoleh bahwa faktor yang paling dominan menyebabkan
kesulitan siswa dalam menganalisis transaksi akuntansi yaitu faktor lingkungan masyarakat
dengan persentase 74,44% dan termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya,
koefisien korelasi antara penyebab kesulitan siswa dalam menganalisis transaksi
akuntansi dengan hasil belajar akuntansi diperoleh rxy=0,484. Sementara
itu, rtabel=0,235. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif antara X dan Y dan termasuk dalam interpretasi korelasi
sedang.
No comments:
Post a Comment