KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (
KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah :
SMA YADIKA JAMBI
Kelas :
X
Semester : I (SATU)
KKM :
EKONOMI
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
Standar Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
|||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
|||
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memahami
permasala han ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan
dan sistem ekonomi
|
|
|||||||
1.1.
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.
Mendeskripsikan ber- bagai sumber ekonomi yang langka
dan kebu- tuhan manusia yang tidak terbatas
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang
mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3.
Mengidentifikasi masa- lah pokok ekonomi, yaitu tentang
apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
|
|
|||||||
§ Mengidentifikasi barang apa, bagai- mana cara mempro-
duksi dan untuk siapa barang diproduksi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4.
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja
bila melakukan produksi di bidang lain
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5.
Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah
ekonomi
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi
(produksi, distribusi dan konsumsi).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 5 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 1)
|
|
|||||||
STANDAR
KOMPETENSI
2.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan
kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
|
|
|||||||
2.1.
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen
dalam kegiatan ekonomi
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. Mendeskripsikan
Circulair Flow Diagram
|
|
|||||||
§ Membuat model diag- ram interaksi pelaku ekonomi
(Circulair Flow Diagram)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mengidentifikasi
man faat diagram interaksi pelaku ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah
tangga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 3 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 2)
|
|
|||||||
STANDAR
KOMPETENSI
3.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan
perminta- an, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
|
|
|||||||
3.1.
Mengidentifikasi
fak -tor-faktor yang mempe ngaruhi permintaan dan penawaran
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta
asum si yang mendasarinya
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan hu- kum permintaan dan hukum
penawaran ser ta asumsi-asumsinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberikan contoh penerapan hukum per- mintaan dan
penawar- an dalam kehidupan di masyarakat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3.
Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam
keadaan keseimbangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam
elastisitas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik
dan matematis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan pros- es terbentuknya harga dan output
keseimba- ngan dan menggam- barkan grafiknya.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4.
Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar
persaing an sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5.
Mendeskripsikan pasar input
|
|
|||||||
§ Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 5 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 3)
|
|
|||||||
STANDAR
KOMPETENSI
4.
Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
|
|
|||||||
4.1. Mendeskripsikan
pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal
usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional
dll)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.
Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah
di bidang ekonomi
|
|
|||||||
§ Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah
di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
§ Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah
di bidang ekonomi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||
KKM ( Ekonomi SK 4)
|
|
|||||||
Jambi, Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMA Yadika Jambi Guru
Mata Pelajaran
Friston R. Sinaga,
S.Pd Mister
Candera, S.Pd
NIP. NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (
KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah :
SMA YADIKA JAMBI
Kelas :
X
Semester : II (DUA)
KKM :
EKONOMI
Kompetensi Dasar dan
Indikator
|
Standar Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
|||||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
Hasil KKM
|
Nilai KKM %
|
||||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
Sikap/Afektif
|
Jumlah
|
|||||
STANDAR
KOMPETENSI
5.
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
|
|
|||||||||
5.1.
Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan
disposibel (disposible income)
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung
pendapatan per kapita.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.2.
Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
|
|
|||||||||
§ Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan
produksi, pendapatan, dan pengeluaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional
dengan pendekatan pendapatan,
produksi dan pengeluaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.3.
Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia
dengan negara lain
|
|
|||||||||
§ Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.4.
Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan pengertian
inflasi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara
mengatasinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta
untuk mengetahui dampak inflasi .
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan
konsumen.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 4 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 5)
|
|
|||||||||
STANDAR
KOMPETENSI
6.
Memahami konsumsi dan investasi
|
|
|||||||||
6.1.
Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
|
|
|||||||||
§ Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
6.2. Mendeskripsikan
kurva permintaan investasi
|
|
|||||||||
§ Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis
dan statistik dalam analisis ekonomi
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 6)
|
|
|||||||||
STANDAR
KOMPETENSI
7.
Memahami uang dan perbankan
|
|
|||||||||
7.1.
Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang
|
|
|||||||||
§ Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan dan penawaran uang
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.2. Membedakan
peran bank umum dan bank sentral
|
|
|||||||||
§ Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah
dan bank perkreditan rakyat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan konsep kredit.
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima
kredit ( 5 C).
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.3.
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter
|
|
|||||||||
§ Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat
harga
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
§ Mendeskripsikan kebijakan
moneter
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Jumlah 2 KD
|
|
|
||||||||
KKM ( Ekonomi SK 4)
|
|
|||||||||
KKM EKONOMI KELAS X
|
||
NO
|
KKM EKONOMI
|
KKM
|
1
|
EKONOMI SK 1
|
|
2
|
EKONOMI SK 2
|
|
3
|
EKONOMI SK 3
|
|
4
|
EKONOMI SK 4
|
|
5
|
EKONOMI SK 5
|
|
6
|
EKONOMI SK 6
|
|
7
|
EKONOMI SK 7
|
|
Jumlah
|
|
|
Total
KKM EKONOMI Kelas X
|
|
Jambi, Juli 2013
Mengetahui
Kepala SMA Yadika Jambi Guru
Mata Pelajaran
Friston R. Sinaga,
S.Pd Mister
Candera, S.Pd
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment