Tuesday 25 February 2014

Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa dengan Hasil Belajar



ABSTRAK



Destrisandi, Dinda. 2013. Hubungan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Cara Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi, Skripsi Pendidikan Ekonomi, Pembimbing Skripsi I Drs. H. Arpizal, M.Pd.; Pembimbing Skripsi II Drs. M. Salam, M.Si.


Kata Kunci:     Persepsi siswa tentang metode mengajar guru, cara belajar siswa, Hasil Belajar

Salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangasa adalah guru. Karena guru bertemu langsung dengan siswa. Sehingga guru dituntut untuk membelajarkan siswa. Namun, hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Metode yang digunakan guru merupakan salah satu yang dapat digunakan agar siswa lebih dapat tertarik untuk belajar. Penggunaan metode yang bervariasi, membangkitkan motivasi belajar siswa. Dan pada akhirnya tujuan pembelajar dapat tercapat. Akan tetapi, bukan hanya guru, siswa sebagai internal belajar juga sangat berpengaruh. Cara belajar yang digunakan siswa juga mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan cara belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi.
Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa/siswi kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi yang berjumlah 66 siswa. Alat yang digunakan sebagai pengumpul data yaitu angket. Angket disusun berdasarkan indikator yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai. Analisis data, dalam penelitian ini melalui bantuan SPSS 16.0.
Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini yaitu terdapat mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan cara belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Jambi., sebesar 0,366 dan ini termasuk dalam kriteria sedang. Hal ini berarti semakin tinggi persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan cara belajar maka hasil belajar akan semakin baik.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber pengetahuan bagi guru dan calon guru untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, aktif, kreatif, dan inovatif. Serta bagi siswa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi agar dapat lebih aktif lagi di dalam kelas.

No comments: