RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Yadika Jambi
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema/Topik : Penduduk dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam
Pertemuan Ke : 23 dan 24
A.
KOMPETENSI
INTI :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR:
KD 1.2 Menghargai ajaran agama
dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan social, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
KD 2.3 Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam
melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
KD 3.1 Memahami aspek keruangan
dan koneksivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan
dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, social, budaya, pendidikan dan
politik)
KD 3.2 Memahami
perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa hindu buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
KD 3.3 Memahami
jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
KD 3.4 Memahami
pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi
KD 4.3 Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk dinamika interaksi
manusia hubungannya dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
1. Menjelaskan pengertian penduduk sebagai mahluk sosial,
ekonomi, dan budaya
2. Mendeskripsikan keadaan penduduk indonesia
3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya dalam kehidupan
sehari-hari
D.
Tujuan
Pembelajaran :
Melalui diskusi siswa dapat :
1.
Memahami keadaan
penduduk Indonesia
2.
Memahami
pemanfaatan sumber daya
3. Menunjukkan perilaku jujur, bertanggungjawab, peduli,
santun, rasa ingin tahu, menghargai, dan percaya diri
E. Materi Ajar:
1.
Keadaan alam
Indonesia
2.
Pemanfaatan
sumber daya alam oleh penduduk Indonesia
F. Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
G. Pendekatan dan
Metode Pembelajaran:
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode : Diskusi
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke -23 ( 2 X 40 menit )
a.
Persiapan psikis dan
fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
dan berdoa bersama (menghayati ajaran
agama),
b.
Menginformasikan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
c.
Menyampaikan secara
singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.
Memberi motivasi
siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan melihat gambar yang ditayangkan melalui
proyektor tentang kekayaan alam Indonesia
|
80 menit
10 menit
|
Inti
|
a.
Menjelaskan materi tentang keadaan penduduk di
Indonesia
b.
Membagi tugas kepada siswa berdasarkan teman
sebangku untuk menghitung jumlah penduduk diberbagai provinsi di Indonesia
c.
Penungasan kepada siswa untuk menganalisis
pengaruh kepadatan penduduk terhadap ekonomi, sosial, dan budaya
d.
Pelaksanaan diskusi
(siswa dialog mendalam untuk saling membantu memahami materi pembelajaran
dengan teman sebangku
kemudian mencatat hasil
diskusi)
e.
Pelaksanaan
presentasi
f.
Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan memberikan umpan balik
berdasarkan hasil presentasi
|
60 Menit
15 menit
|
|
45 menit
|
|
Penutup
|
a.
Membuat kesimpulan
tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b.
Melaksanakan test secara
lisan (kejujuran)
c. Menugaskan peserta didik mengerjakan aktivitas kelompok
di rumah (PR)
d. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing.(religius)
|
10 menit
|
|
||
Pendahuluan
|
Pertemuan
Ke-24
(2 X 40 menit)
a.
Memulai pembelajaran dengan berdoa
bersama sesuai agama dan
keyakinan masing-masing. (religius).
b.
Tanya jawab singkat tentang (PR) hasil penelusuran informasi dampak sebaran jumlah penduduk yang tidak
merata
c.
Menginformasikan secara garis besar strategi
pembelajaran yang akan dilakukan.
d.
Menginformasikan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu).
e. Memberi
motivasi pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
|
80 menit
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Pelaksanaan
diskusi kelompok sambil mempersiapkan pembuatan laporan hasil kerja kelompok
b. Guru
berkeliling sambil memperhatikan kelompok yang memerlukan bantuan .
c. Presentasi
kelompok dengan membacakan hasil diskusi. Siswa yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi, menambahkan, atau
bahkan mengomentari hasil diskusi.
d. Pelaksanaan
konfirmasi dilakukan disetiap akhir presentasi
e. Memberikan apresiasi dan motivasi berdasarkan
aktivitas dan hasil kinerja secara individu
f. Tanya jawab mengenai materi yang telah diajarkan
|
60
menit
20 menit
|
|
30 menit
10 menit
|
|
Penutup
|
|
10 menit
|
I.
Penilaian
Hasil Belajar
· Hasil kinerja peserta didik
· Hasil tes lisan
· Laporan pengamatan
· Hasil rubrik diskusi
· Tugas kelompok
J.
Sumber Belajar :
Alat : Komputer/laptop, LCD, Power Point, Internet
Bahan/sumber ajar : LKS, Buku
siswa, buku guru
Mengetahui, Jambi,
Juli 2013
Kepala SMP Yadika Jambi Guru Mata Pelajaran IPS
Friston R. Sinaga,
S.Pd Mister
Candera, S.Pd
1 comment:
terima kasih pak atas kisi-kisi soalnya
(melati veronica)
Post a Comment