RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP N 7 Kota Jambi
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII /2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
6. Memahami kegiatn ekonomi masyarakat.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
6.2. Mendiskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan
konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 2 jam pertemuan
|
A. Tujuan Pembelajaran
:
Setelah selesai mengikuti
proses pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1.
Mendiskripsikan
pengertian kegiatan ekonomi.
2.
Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang yang
dikonsumsi.
3.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang.
4.
Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai
siswa.
5.
Mengidentifikasikan aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif seseorang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan
pengertian kegiatan ekonomi.
2.
Mendefinisikan pengertian konsumsi dan jenis barang yang
dikonsumsi siswa.
3.
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
seseorang.
4.
Menyusun skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan sebagai
siswa.
5.
Mengidentifikasikan aspek-aspek positif dan negatif
perilaku konsumtif seseorang.
C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Observasi
4. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Tanya
jawab tentang usaha yang dilakukan masyarakat dalam rangka untuk memenuhi
kebutuhan.
-
Motivasi : Ditampilkan
gambar-gambar tentang kegiatan konsumsi
yang dilakukan oleh masyarakat.
b. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
Guru mengkondisikan
kelas, mempersiapkan media pembelajaran, dan menjelaskan topic yang akan
dibahas dengan melibatkan siswa untuk terus berekplorasi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Buku IPS Ekonomi Paket
2.
LKS
3.
Lembar Penilaian
4.
Laptop dan proyektor
5.
Buku ekonomi yang relevan
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mendefinisikan pengertian konsumsi
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
kegiatan konsumsi
· Mengidentifikasi aspek positif dan negative perilaku
konsumsi
· Mendeskripsikan akibat negative perilaku konsumtif
dalam kehidupan siswa
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan
|
Jelaskan pengertian konsumsi
Sebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi kegiatan konsumsi
Sebutkan aspek positif
dan negative dari perilaku konsumtif
Apa yang terjadi jika
seorang siswa……
|
Mengetahui,
Guru Pamong SMP N 7 Kota Jambi
(BURHANUDDIN,S.Pd )
NIP :
19570404 197803 1 003
|
Jambi…, ……………… 20 ….
Mahasiswa PPL FKIP UNJA
Mister Candera
NIM A1A108038
|
No comments:
Post a Comment